Go to Design --> Edit Html and find these sentences. Now replace these sentences with your own welcome message. This templates is Bloggerized by Lasantha - Premiumbloggertemplates.com. Download this template and more premium blogger templates from Premiumbloggertemplates.com.

Minggu, 30 Oktober 2011

Berpacu dengan waktu

Posted by hanief On 22.06 No comments

Mengapa pada awal permulaan surat-surat al-quran banyak yang menyebutkan tentang waktu, diantaranya wal’ashr, wa dhuha, wal laili, wannahari dan lain-lain. Allah SWT banyak bersumpah tentang waktu didalam firman-firman nya untuk memberikan pelajaran bagi hamba-nya betapa pentingnya waktu. Tidak hanya disebutkan pada awal bagian surat-surat dalam Al-quran. Pentingnya waktu juga disampaikan oleh rasulullah SAW. Imam Hakim dan Baihaqi meriwayatkan hadis Nabi Muhammad SAW tentang lima perkara sebelum lima perkara. Kelima perkara itu adalah masa muda sebelum datang masa tua, masa sehat sebelum sakit, masa luang sebelum sempit, masa kaya sebelum masa miskin dan masa hidup sebelum masa mati.
Semua yang ada di isi hadis itu berkaitan dengan waktu. Bagaimana supaya manusia bisa memanfaatkan waktu dan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya sebelum semua itu hilang. Manusia hidup itu berpacu dengan waktu, jangan sampai terbua dan terlena dengan kemewahan dunia ini. Surat Al-ashr dijelaskan tentang orang-orang yang tidak termasuk kedalam golongan orang-orang yang merugi. Turunnya surat Al-ashr diantaranya untuk mengingatkan manusia yang banyak bermalas-malasan dan mengabaikan waktu serta memburu kesenangan maupun hanya mengikuti hawa nafsu.
Netral.
Waktu bersifat netral dapat digunakan dengan untuk kebaikan atau kebajikan dan bisa digunakan untuk kejelekan. Di dalam surat Al-ashr disebutkan bahwa manusia itu sesungguhnya dalam keadaan merugi kecuali orang yang beriman dan beramal saleh, saling berpesan atau berwasiat tentang kebenaran dan kesabaran. Iman tidak hanya cukup di ucapkan, harus diwujdkan dengan amal saleh. Amal saleh yang tanpa disadari iman juga akan percuma. Seperti didalam surat Al-Ashr ayat 3 antara iman dan saleh disebutkan beriringan. Manusia itu penuh dengan berbagai kelemah dan kelalaian. Sehingga agar tidak termasuk ke dalam golongan orang yang merugi manusia wajib saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran.
Itulah mengapa manusia diperintahkan untuk berdakwah. Yaitu untuk menyampaikan kebenaran dan mengingatkan manusia yang lalai atau lupa. Selain itu, manusia tidak luput dari ujian ataupun cobaan sehingga perlu diingatkan agar tetap bersabar.

0 komentar: