Go to Design --> Edit Html and find these sentences. Now replace these sentences with your own welcome message. This templates is Bloggerized by Lasantha - Premiumbloggertemplates.com. Download this template and more premium blogger templates from Premiumbloggertemplates.com.

Jumat, 04 November 2011

Cara Praktis Punya Website

Posted by hanief On 05.14 No comments

Website saat ini bisa dibilang sudah menjadi suatu alat yang bermacam-macam fungsinya, ada yang menggunakannya sebagai buku catatan pribadi, sebagai media informasi, edukasi, marketing, bisnis, dan sebagainya.

Untuk itu saya disini akan memberikan sedikit pencerahan agar kita semua bisa punya website, baik itu yang paham maupun tidak paham ilmu pemrograman website. Untuk langkah per langkahnya akan dibahas pada lain kesempatan.

Blogger.com -Â Cukup punya akun Gmail kamu langsung bisa bikin blog, dan pengaturan layoutnya juga fleksibel. Karena menggunakan layanan dari Blogger maka nama address website tidak bisa sesuai dengan keinginan. Bentuknya seperti: namasituskamu.blogger.com

WordPress.com – Hampir sama dengan blogger.com tapi tidak mensyaratkan akun Gmail, jadi bisa menggunakan alamat email apa saja untuk mendaftar. Untuk address website-nya menjadi namasituskamu.wordpress.com

Blogdetik.com – Menggunakan engine WordPress. Blog detik memberikan kesempatan agar postingan/artikel yang kita buat dapat dibaca oleh banyak pembaca detik.com, karena artikel kita bisa nampang di halaman pertama detik.com
Diatas adalah 3 yang paling favorit menurut saya. Sebanarnya masih ada lagi, misalnya: MySpace dari MSN.

Untuk yang lebih rumit bisa menggunakan CMS (Content Management System) seperti Joomla, WordPress, atau Drupal. Menggunakan CMS tersebut kita sedikitnya harus memiliki pengetahuan mengenai domain dan hosting. Antara lain: bagaimana cara memperoleh nama domain, bagaimana cara mendapatkan tempat hosting, bagaimana cara install, dsb….

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai CMS diatas, kamu bisa jalan-jalan dulu di situs resminya sambil menambah pengetahuan. Joomla bisa diakses lewat http://joomla.org, WordPress bisa diakses lewat http://wordpress.org, dan Drupal bisa diakses lewat http://drupal.org.

Ketiganya merupakan CMS yang sangat populer dan paling banyak digunakan di dunia. Saya sendiri sudah berpengalaman dalam menggunakan CMS Joomla dan WordPress, sedangakan untuk Drupal saya belum sempat mencoba. Nanti kalau ada kesempatan saya akan coba.

Joomla sendiri menurut saya lebih bisa dimodifikasi dalam hal layout-nya karena Joomla menyediakan banyak modul untuk berbagai kepentingan. Sedangkan WordPress mudah untuk digunakan dan banyak menyediakan plugins yang menarik.

Jika ingin membuat blog saya lebih condong menggunakan WordPress, sedangkan Joomla saya gunakan untuk website bisnis maupun e-commerce karena joomla dapat dipadukan dengan virtueMart.

0 komentar: