Go to Design --> Edit Html and find these sentences. Now replace these sentences with your own welcome message. This templates is Bloggerized by Lasantha - Premiumbloggertemplates.com. Download this template and more premium blogger templates from Premiumbloggertemplates.com.

Selasa, 15 Juni 2010

Posted by hanief On 00.46 No comments

Minimalkan risiko ban bocor.

Ban bocor bisa terjadi kapan dan dimana saja. Tapi sayingnya, tak semua ruas jalan ada tukang tambal ban. Ada berbagai langkah untuk mengantisipasi atau meminimalisasi terjadinya kebocoran. Ban bocor tak hanya membuat pengendaranya jengkel, tapi juga meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan. Kebocoran ban yang terjadi secara tiba-tiba, dalam arti angin pada ban habis dalam sekejap, dapat menyebabkan kendaraan oleng. Pada saat itu, pengendara bisa kehilangan keseimbangan dan memungkinkan terjadi kecelakaan.
Kerugian lain adalah akan rugi waktu. Mau tidak mau, ban bocor harus ditambal. Butuh beberapa waktu lamanya untuk menemukan kios atau tukang tambal ban. Kalau sudah ketemu, kita juga harus menunggu tukang tambal ban menyelesaikan pekerjaannya. Bagi yang membawa ban cadangan, tetap butuh waktu untuk menggantinya. Belum lagi jika terpaksa mengganti ban dibawah terik matahari, pasti tidak nyaman. Keringat dan tenaga akan cepat terkuras.
Selanjutnya, kendaraan yang terhenti karena ban bocor mudah dijadikan sasaran kejahatan. Malah, bisa jadi penjahat sengaja membuat ban bocor dan setelah terhenti, mereka melakukan aksi seperti merampok, menjambret, dan sebagainya. Sebelum hal itu terjadi, tidak ada salahnya mengantisipasi agar resiko kebocoran ban bisa diminimalisasi.

Periksa tekanan ban.
Diantaranya dengan rajin memeriksa tekanan ban, terutama menjelang bepergian. Periksa juga pentil ban dari kemungkinan kerusakan. Tekanan angin ini penting untuk menjaga keseimbangan kendaraan dan penyesuaian kekuatan ban itu sendiri. Pengisian dengan nitrogen dirasakan banyak orang lebih menguntungkan karena awet dan isi ban lebih dingin.
Perhatian berikutnya adalah pada muatan. Semakin berat muatan, semakin berat pula kerja ban. Benturan keras bisa menyebabkan ban menjadi sobek atau bolong. Hindari pula jalanan rusak yang sangat berpotensi memperberat kerja ban. Pelek sempit dengan ban lebar sangat baik untuk mempertahankan angin didalam ban, sehingga tidak mudah bocor atau angina hilang.
Ban gundul juga sangat berpotensi menyebabkan kebocoran. Karena, benda tajam akan mudah masuk dan mencapai ban dalam serta menyebabkan kebocoran.

0 komentar: